Jumat, 21 Desember 2012

Nyantai sejenak dengan si penggetar yang menyehatkan

DAMPAK PERKEMBANGAN IPTEK TERHADAP 
KEBUTUHAN SEKUNDER MANUSIA
LATAR BELAKANG

kebutuhan sekunder merupakan yang diperlukan manusia untuk kebutuhan hidupnya sebagai pelengkap kebutuhan.pada dasarnya kebutuhan sekunder timbul untuk mendampingi kebutuhan primer.di dalam kebutuhan skunder, kesehatan sangatlah penting dalam kehidupan ,karena kesehatan faktor penunjang aktifitas manusia dalam keseharian.kali ini saya akan mambahas tuntas salah satu kebutuhan sekunder dalam bidang kesehatan yaitu: alat pijat refleksi.

Tujuan Pembahasan

untuk mengetahui dampak penting dalam IPTEK dibidang kesehatan ini khususnya pada alat pijet refleksi dibaawah ini baik dalam dampak positif ataupun dampak negatifnya:





PEMBAHASAN

Di jaman modern ini, banyak kegiatan dan aktivitas kerja yang kita lakukan dengan cara duduk atau berdiri, ditambah lagi daya tarik gravitasi telah menyebabkan racun dari sisa-sisa hasil metabolisme tertimbun di telapak kaki. Di samping itu kurangnya berolahraga dan makanan yang tidak dijaga menyebabkan banyak orang merasa letih, lesu, tidak bersemangat dan timbulnya berbagai penyakit.
Berdasarkan studi yang dilakukan oleh International Journal of Alternative and Complementary Medicine, orang yang menderita stres dan depresi merasa ada perbaikan setelah menjalani terapi pemijatan selama 30 menit setiap minggu.jadi secara analisis pribadi,alat terapi ini sangat menunjang kebutuhan sekunder dalam bidang kesehatan ,dan sangat berpengaruh dalam kesehatan baik melancarkan peredaran darah dalam metabolisme tubuh ataupun fungsi kesehatan lainnya.
PERKEMBANGAN IPTEK DiBIDANG KESEHATAN PADA ALAT PIJET REFLEKSI KAKI
Secara biologis manusia di pandang sebagai premature, pendapat ini di kemukakan oleh Adlof Portman. manusia di bekali thenik untuk membuat lingkungan menjadi cocok dengan nya. secara umum tehnik merupakan sebagai alat pelengkap dan metode membuat agar sesuatu menjadi mudah. Dan berikut ini Perkembangan IPTEK pada alat pijat refleksi secara fasenya dan tingkatan tehknologi
          FASE PROSES MODERN PADA ALAT KESEHATAN PIJET REFLEKSI KAKI
  • Pada fase ini,bidang  kesehatan yaitu pada alat pijet refleksi merupakan puncak perkembangan yang telah dicapai manusia,dengan kata lain fase proses tekhnik modern ini merupakan fase proses modern,karena berbeda dengan alat pijit refleksi terdahulu mungkin banyak menggunakan unsur tradisional seperti,menggunakan unsur bahan kayu contoh seperti dibawah ini:

 diatas adalah contoh gambar alat pijet refleksi kaki sebelum mengalami proses modern,dan setelah mengalami fase modern pada alat pijet refleksi ini dapat kita perbandingkan dan evaluasi baik keunggulan serta bentuknya seperti dibawah ini:


gambar alat pijet refleksi kaki modern.

          
            TINGKATAN TEKHNOLOGI DIBIDANG KESEHATAN PADA ALAT PIJET REFLEKSI KAKI
  •  dalam hal ini tingkatan tekhnologi dibidang kesehatan khususnya pada alat pijet releksi ini menggunakan tingkatan tingggi(hi tech).karena merupakan suatu jenis  teknologi mutakhir yang dikembangkan dari hasil penerapan ilmu pengetahuan terbaru,karna pada dasarnya alat keserhatan ini mengandung atau mengacu pada ciri" teknologi tinggi yaitu padat modal,didukung rasilitas riset,dan pengembangan,biaya perawatan tinggi,ketrampilan  operator tinggi.
         ASPEK -ASPEK YANG DITINJAU DALAM SEGI EKONOMI,SOSIAL DAN BUDAYA 
masalah kebutuhan sekunder ini akan dibahas mulai dari aspek ekonomi:
dalam aspek ekonomi ini pada bidang kesehatan akan mengefek pada tingkatnya kebutuhan kita dalam kebutuhan sekunder,untuk memenuhi kebutuhan ini tidaklah semua mampu atau dapat menggunakan alat pijet relfeksi diatas,dan dengan adanya penemuan sesuai fase modern ini maka perkembangan alat ini akan mempengaruhi fleksibelitas konsumen,karna harga mungkin mampu mempengaruhi tingkat kebutuhan sekunder ini bagi kalangan tertentu.
masalah kebutuhan sekunder dari aspek budaya:
dengan adanya segi budaya ini kebutuhan sekunder ini mampu mengubah bidang budaya manusia dalam kesehatan refleksi yang awalnya menggunakan unsur tradisional dan alam,berpindah ke alat yang baginyab dianggap simple dan menyehatkan seperti alat pijet refleksi ini.
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF ALAT PIJIT REFLEKSI 
Secara dampak positif:
dampak positif alat pijat ini dalam titik-titik refleksi  :
1.Membebaskan/melegakan otot yang letih dan sakit.
2.Meningkatkan peredaran darah.
3.Membuka kunci saluran tubuh.
4.Merangsang organ dalam tubuh lainnya.
5.Terapi tambahan bagi penderita Stroke.
6.Meningkatkan sistem “Indokrin” sec.normal dan membantu  
  penyembuhan luka dan sakit pada tubuh dan pikiran.
7.Menghapus toksin/racun internal dan menjaga kesehatan.
8.Merangsang metabolisme dan membantu anti-aging.
9.Memperkuat efektifitas anti-biotik.
10.Memperkuat fungsi penyembuhan.
secara dampak negatif mungkin secara keseluruhan sangatlah kecil,jika penggunaaan dilakukan secara benar dan efesien.
kesimpulan:
dan demikian penejelasan dampak iptek dibidang kesehatan pada alat pijit refleksai ini,Demi kesehatan mungkin setiap orang akan melakukan hal yg terbaik demi memenuhi kebutuhannya,jadi kesehatan adalah sumber mobilitas yang penting,dalam hal ini sesuai alat kesehatan diatas yang mampu meminimalisir masalah kesehatan manusia.
kebutuhan sekunder ini mungkin mengefek dalam dampak ekonomi masyarakat tidak terlalu besar karna kemungkinan tidaksetiap orang mampu membeli dan hanya orang yg mempunyai ekonomi berada yg mampu mengkonsumsi tapi sangat berhimbas besar dalam kesehatan meski kecil alatnya tapi besar khasiatnya,
refensi:
http://kesehatan-dan-kecantikan.tokobagus.com/perawatan-kesehatan/alat-pijat-refleksi-tangan-magnetik-6652153.html
http://pijatkeluargasehat.wordpress.com/2007/10/01/sejarah-perkembangan-dan-manfaat-pijat/
buku IAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar