Jumat, 09 November 2012

GETARAN SENSASI MASAKAN KALIO CUMI-CUMI


      kalio cumi?apa itu ya?enak ga sih?kok asing kedengarannya ditelinga ?banyak kuliner maniak yang bertanya -tanya soal masakan super super kalio cumi ini,sebagian dari pecinta kuliner kuliner  indonesia mungkin ada yang belum tahu tentang ampuh dan lezatnya kalio cumi -cumi,nah disini saya akan mengupas tuntas resep kelezatan,dan manfaat masakan ini,karna masakan ini salah satu masakan kesukaan saya,hemmm no.1 dah dihati.......Resep masakan ini kami peroleh dari berbagai sumber referensi terpacaya,jadi silahkan langsung aja disimak baik-baik ya.Dijamin top abis deh:)
                                                       KALIO CUMI-CUMI SPESIAL

 sensasi kalio cumi -cumi ini akan terasa gurih dan krenyesss krenyesss istimewa jika menggunakan santan dengan takaran sesuai.


cooking ingredientsBerikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kalio cumi-cumi.harap perhatikan baik-baik jumlah takaranya ya,agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Bahan yang dibutuhkan:
1 ons cumi-cumi ukuran sedang
1/4 kg kentang
1/2 butir kelapa ukuran besar 

Bahan bumbu: 
-5 siung bawang merah 
-2 siung bawang putih 
-1 jahe sebesar ibu jari
-1 lengkuas sebesar ibu jari 
-kunir 1/2 ruas kelingking
-daun salam 2 lembar
-1 buah sereh
-1/2 ons cabe merah
-1 sendok gula pasir
-asam kendis
  
cookingBerikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam proses pembuatan hidangan kalio cumi-cumi .perhatikan setiap langkah  dengan cermat,terutama pada hal-hal yang menyangkut waktu/durasi pemrosesan dan takarannya.jangan sampai masakan anda gagal hanya gara-gara kurang teliti 


cara membuatnya:

  1.  Cumi disiangi secara menyeleruh,lepas kepala cumi dan buang kantung tintanya dan cuci cumi hingga bersih tidak tersisa tintanya lagi.
  2. rendam cumi dengan air panas terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa asinya .jika itu cumi kering asin,dan kalau sudah empuk baru dicuci.
  3. parut kelapa sampai tuntas,kemudian diambil untuk dibuat santan.
  4. kupas kentang hingga bersih dan potong ukuran sesuai keinginan atau dibelah 2/4 untuk ukuran besar.
  5. semua bumbu digiling hingga halus,kecuali asam kendis dan lengkuas disisihkan.
  6. panaskan minyak didalam wajan,jika udah panas lalu masukan bumbu yang dihaluskan tadi hingga tampak kekuning kuningan,masukan daun salam,sereh,tunggu sampai masak bumbunya.
  7. masukan cumi-cumi dalam wajan,kemudian tuangkan santan 
  8. aduk terus sampai mendidih masakan tersebut,dan setelah mendidih aduk pelan"agar tidak rusak bentuk cuminya,kemudian beri gula secukupnya.
  9. setelah cumi matang/empuk dan santan mulai kental,lalu masukan kentang
  10. tunggu hingga masakan matang dan setelah matang,angkat masakan dan tuangkan dalam mangkok.
          masakan kesukaan saya ini dulu sering jadi teman pendamping disaat pagi perut keroncongan,disini saya suka cuminya karna kenyal dan tinta hitam yang enak namun,membuat nasi terasa hitam pekat seperti kena pasir,tapi nasi+cumi itu sumber kalori yang baik dan anehnya lagi pernah saya bertanya-tanya sama ibu pertama kali,"ibu kok cuminya jadi merah sih"..itu karna cumi itu sama seperti kepiting juga kalo digoreng jadi merah karna partikel kulitnya akan berubah jika kena panas,"jawab ibu"
jadi,ingat masa lalu,setelah aktifitas melelahkan main sepak bola,itu kan kita kehabisan tenaga dan energi karna banyak gerak,dan seasampai rumah ibu ternyata udah nyiapin kalio cumi",langsung dah makan karna perut laperrrrrrrr.hemm kalio cumi cumi memang lezat dan banyak manfaatnya deh.
          selain enak untuk dikonsumsi ternyata cumi itu berkhasiat super banyak bagi kesehatan tubuh kita,cumi ini salah satu sumber makanan yang berprotein
 yang banyak digemari banyak kalangan .karna,sering dijumpai pada berbagai jenis chinnese food.

kandungan gizinya komplit dan cukup tinggi,yaitu17,9g/100g,tidak hanya protein,melainkan juga berperan asam amino esensial ,selain itu cumi pun mengandung mineral seperti kalium,fosfor,magnesium,kalium dll.

bahkan kita pun tidak menyadari bahwa hewan lunak ini banyak juga mengandung vitamin sepeti A,D,E,K,B1,B12 ,eitssss jangan lihat dari segi proposional tubuh si cumi tapi manfaatnya super-super.
selain khasiat yang lebih disisi lain tinta cumi-cumi pun mampu mengobati kanker,temuin itu merupakan hasil coba-coba jin 'ichi sasaki dan sejawatnya dari dari universitas hirosaki di jepang bagian utara.mereka memurnikan sebagian tinta cumi itu menjadi suatu campuran yang terutama terdiri atas glusida(gabungan gula,protein,dan lipid).,sumber karbohidrat mampu menguatkan diri sebagai faktor tenaga untuk kegiatan sehari .

terima kasih ya kawan sudah mampir di blog kami:)
mohon maaf jika ada kata-kata yang tak ladzim atau salah dalam penulisan kata-katanya.
selamat mencoba dan sukses ya kawan..















Tidak ada komentar:

Posting Komentar